Marcus/Kevin Dipastikan Mundur Dari Tiga Turnamen Mendatang. Herry IP: Marcus Fokus Pemulihan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:05 WIB
Ganda Putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukomuljo (Bwfbadminton.com)
Ganda Putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukomuljo (Bwfbadminton.com)

URBANJABAR.COM - Pasangan ganda putra nomor satu dunia yang dimiliki Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukomuljo memutuskan untuk mundur dari tiga turnamen yang akan datang.

Adapun tiga turnamen yang tidak diikuti oleh Marcus/kevin yakni Malaysia Open yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia dan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni - 3 Juli 2022, Malaysia Masters yang juga berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 05 Juli - 10 Juli 2022 dan yang terakhir ada Singapore Open yang dilaksanakan pada tanggal 12 - 17 Juli 2022 mendatang.

Sebagaimana diketahui bahwa pasangan ganda putra nomor satu dunia Marcus/kevin yang dijuluki The Minions ini masing kurang fit,terutama bagi Marcus yang mengalami cedera dan sudah menjalankan pasca operasi pada engkelnya saat bulan April lalu, itu yang menyebabkan permainannya belum begitu optimal.

Baca Juga: Marcus Dikabarkan Segera Operasi, Minions Harus Absen di Dua Turnamen

Namun, Marcus sudah tampil dalam dua turnamen resmi kemarin yaitu Daihatsu Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022. Terlihat memang bahwa ia belum kembali ke performa terbaiknya, saat itu ia hanya bermain dengan kondisi 80 persen pada ajang turnamen tersebut.

Karena itu, hasil di dua turnamen resmi kemarin tidak memuaskan untuk ganda putra nomor sartu dunia tersebut.

Pada ajang Daihatsu Indonesia Masters 2022, Marcus/Kevin terhenti di babak semifinal setelah dikalahkan pasangan muda asal China Liang Weikeng/Wang Chang dengan dua gim saja dan perolehan skor 17-21, 10-21.

Dan di ajang Indonesia Open 2022, Marcus/Kevin terhenti oleh wakil Korea Selatan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae di babak 16 besar. Ganda nomor satu dunia itu kalah dua gim langsung dengan perolehan skor 14-21, 12-21.

Jika, dibandingkan dengan event yang sama pada tahun lalu. Mereka berhasil tembus final dengan posisi runner-up di Indonesia Masters dan juara di Indonesia Open.

Oleh sebab itu, The minions ini memutuskan menarik diri pada tiga turnamen yang akan datang sebagai pilihan yang tepat. Dengan kondisi Marcus yang belum seratus persen pulih, bukan tidak mungkin mereka akan kembali mendapatkan hasil kurang bagus.

Baca Juga: Hasil Indonesia Open 2021: Greysia/Apriyani Jadi Runner Up dan Marcus/Kevin Juara Pertama

Buruknya lagi, jika memaksakan tampil bisa memperparah cederanya. Karenanya,waktu ini dimanfaatkan untuk membalikan keadaan Marcus supaya pulih dengan performa terbaiknya.

Menurut pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi atau biasa disapa Herry IP keputusan menarik The Minions ini dalam tiga turnamen mendatang dilihat setelah evaluasi dari dua turnamen sebelumnya.

"Kami ingin kembalikan kondisi Marcus dulu,” kata Herry IP ketika ditanya program khusus bagi Marcus.

"Waktu persiapan ke tiga turnamen itu juga sangat mepet. Hanya seminggu. Itu tidak cukup bagi Marcus/Kevin. Apalagi, ditambah kondisi Marcus juga belum pulih benar," lanjut Herry IP.

Bukan hanya pasangan ganda putra Marcus/kevin yang dipastikan absen dalam turnamen yang sudah dekat yakni Malaysia Open 2022.

Baca Juga: Komentar Herry IP Usai Markus Kevin Kalah di Final Indonesia Masters 2021: Sudah Maksimal

Namun, ada pasangan ganda putra lainnya yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga dapat dipastikan mundur dari ajang tersebut.

Mundurnya pasangan Pram/Yere dikarenakan Yere mengalami cedera saat babak perempat final Indonesia Open 2022, dan dalam proses pemulihan.

Sementara itu, ada pasangan ganda campuran yang memutuskan mundur dari ajang ini yakni Adnan Maulana/Myvhelle Crystine Bandaso, diakibatkan belum pulihnya Mychelle dari cedera pinggangnya.

Dengan dua pasang ganda putra yang tidak tampil, ini menjadi tantangan tersendiri bagi sektor ganda putra untuk bisa terus menunjukkan konsistensi. Indonesia masih menyisakan empat ganda putra.***

Editor: Maria Endah Yulindreswari

Sumber: Instagram @badminto.ina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala AFC: PSM Makkasar vs Kuala Lumpur City 0-0

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:29 WIB

Jadwal Pertandingan Piala Presiden 2022 Hari Ini

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:48 WIB

Fabio Vieira Resmi Gabung Arsenal dari FC Porto

Kamis, 23 Juni 2022 | 15:28 WIB
X