Lesti Billar Terjerat Pasal Pemberitahuan Bohong dan Keonaran, Hukumannya Hingga 10 Tahun

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Lesti Kejora dan Rizky Billar
Lesti Kejora dan Rizky Billar
 
URBANJABAR.COM.  Penyanyi dangdut Lesti Andriyani dan suaminya Ryzki Billar pada Kamis 7 Oktober 2021 dilaporkan ke polisi oleh Edy Prasetyo.
 
Edy Prasetyo adalah Ketua Kongres Pemuda JawaTimur menjadi kuasa  hukum dari pelapor Mila Machmudah.
 
Mila Machmudah menganggap bila Lesti Billar telah melakukan kebohongan publik dan membuat  keonaran.
 
Pelaporan itu berawal dari pernyataan Lesti Billar mengaku telah menikah siri pada bulan April 2021 yang disertai bukti foto-foto pernikahan keduanya.
 
 
Pasangan ini baru mengakui pernikahan siri  mereka setelah  timbulnya kecurigaan masyarakat dan netizen tentang usia kehamilan Lesti.
 
Karena, bila akad nikah mereka dilakukan pada Kamis 19 Agustus 2021 maka usia kehamilan Lesti baru memasuki usia bulan ke 3.
 
Menurut Mila Machmudah berdasarkan kompliasi Hukum Islam di Indonesia apabila telah melakukan pernikahan secara siri hanya perlu mengajukan permohonan itsbat  kepada  Pengadilan Agama untuk  mendapatkan catatan secara negara di KUA.
 
 
Tapi yang menjadi dasar pelaporan Mila Machmudah bukanlah masalah pernikahan siri mereka yang diakui sah secara agama.
 
Seperti yang tertulis pada akun facebook milik Mila Machmudah bahwa Lesti Billar telah menyembunyikan pernikahan mereka secara agama hanya untuk mempertontonkan ijab kabul saat mendaftarkan ke KUA tanpa  memberitahukan perihal nikah siri mereka sebelumnya.
 
Edy Prasetyo selaku kuasa hukum Mila Machmudah menyatakan seperti yang ditayangkan di Youtube channel Langit Entertaintment pada 6 Oktober 2021 bahwa pasangan Lesti Billar bisa dikenakan pasal 14 UU No. 1 tahun 1946 dan Pasal 15 dan UU penyiaran No 32 Tahun 2002 Pasal 36.
 
 
Pasal 14 berisi "barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tinginya 10 tahun",
 
Namun Mila Machmudah dan kuasa hukumnya hanya berharap bahwa Lesti Billar meminta maaf kepada publik dan mengakui kesalahan dalam cara pengurusan pernikahan mereka agar tidak terjadi kegaduhan dan keonaran di publik.
 
Hal ini agar mereka memberikan edukasi yang benar pada masyarakat tentang pengurusan dan mekanisme pernikahan yang benar.
 
 
Semua pihak berharap agar pasangan muda ini mampu meluruskan kesimpang siuran berita yang beredar di masyarakat.
 
Bagaimanapun Lesti Billar adalah idola yang banyak mencuri perhatian, maka contoh yang baik dari mereka akan menjadi panutan para penggemar.
Selalu bahagia ya dede'.***
 

Editor: Sultoni Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ustadz Zacky Mirza Alami Kecelakaan Mobil

Selasa, 7 Desember 2021 | 13:33 WIB

Lirik Lagu 'Selamat Natal' Andmesh Kamaleng

Senin, 6 Desember 2021 | 14:06 WIB

Jerome Polin Bertemu Raffi dan Nagita: Selalu Humble!

Senin, 6 Desember 2021 | 09:00 WIB

Park Hae Soo Dapat Peran di Money Heist Versi Korea

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:20 WIB
X