Tips Menjawab Interview HRD Saat Ditanya Apa Kelemahan Anda

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 09:38 WIB
 Jawaban Interview Kerja ( instagram.com/teddy.diego)
Jawaban Interview Kerja ( instagram.com/teddy.diego)
UrbanJabar.com - Salah satu pertanyaan pada saat Interview Kerja oleh HRD ataupun User adalah "Apa Kelemahan Anda" atau "Sebutkan Kelemahan Anda".
 
Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan terpopuler di kalangan jobseeker. Bagi para pencari kerja, pertanyaan tersebut sangatlah sering disampaikan oleh HRD dan User.
 
Pertanyaan tersebut, kadang membuat bingung bagi para pencari kerja untuk menjawabnya. Apalagi bagi pencari kerja yang belum mempersiapkan diri saat menjalani proses interview kerja, pasti akan kebingungan dalam menjawabnya.
 
 
Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjawab pertanyaan Interview Kerja saat Di tanya tentang kelemahan yang anda miliki.
 
Berikut beberapa tips nya:
 
1. Mengenali diri sendiri
 
Untuk menjawab pertanyaan tentang kelemahan yang Kamu miliki, kamu harus mengenali dirimu sendiri. Karena kualitas seseorang bukan hanya tau dari apa yang bisa dia lakukan, tapi untuk paham batasan diri sendiri serta mampu untuk beradaptasi dan mencari solusi dari keterbatasan itu.
 
2. Jangan Menjawab Asal-asalan
 
Misalkan anda adalah seorang yang perfeksionis, maka anda dilarang menjawab singkat hanya seperti ini " Saya perfeksionis". Mengapa? Karena perusahaan pasti mencari mereka yang bisa bekerja dengan hasil sebaik mungkin. Justru perfeksionis kadang bisa jadi sebuah kelebihan.
 
3. Contoh Menjawab yang Baik dan benar
 
"Saya terkadang menyelesaikan pekerjaan saya lebih lama di banding rekan lainnya. Karena saya termasuk orang yang perfeksionis sehingga saya melakukan double check untuk setiap pekerjaan yang saya lakukan.
 
4. Pahami Pertanyaan dan Sesuaikan Jawaban Anda
 
Yang paling penting dari pertanyaan tersebut adalah apakah kamu paham bagaimana mengatasi dan beradaptasi dengan kelemahan yang Kamu miliki.
 
5. Setiap Jawaban kelemahan disertai dengan solusi
 
Ketika anda menjawab pertanyaan tentang kelemahan anda, anda harus menjawab nya dengan disertai solusi. Jika semisal anda orang yang pelupa, anda bisa memberikan solusi bagaimana yang akan anda hadapi dengan sifat pelupa anda.
 
 
Misalnya  anda bisa mengatasi pelupa tersebut dengan cara mencatat hal penting di notes agar tidak terlewat.
 
Demikian beberapa hal dan tips menjawab pertanyaan Interview Kerja saat Di tanya tentang kelemahan yang anda miliki. 
 
Semoga bermanfaat.***
 
 
 

Editor: Ferdiansyah Nur Syahbana

Sumber: Instagram @teddy.diego

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X