Membuat Komentar Anti-Islam di Instagram, Seorang Pria di Singapura Dipidana

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:43 WIB
URBAN JABAR - Seorang pemuda dijatuhi hukuman percobaan 18 bulan pada hari Kamis (23 Juni) karena membuat komentar afensif tentang Islam di posting Instagram yang menjadi viral.     Sun sicong, 21, mahasiswi di Politeknik Temasek, juga melontarkan komentar tidak peka tentang korban pemerkosaan.
URBAN JABAR - Seorang pemuda dijatuhi hukuman percobaan 18 bulan pada hari Kamis (23 Juni) karena membuat komentar afensif tentang Islam di posting Instagram yang menjadi viral. Sun sicong, 21, mahasiswi di Politeknik Temasek, juga melontarkan komentar tidak peka tentang korban pemerkosaan.

URBANJABAR.COM - Seorang pemuda dijatuhi hukuman percobaan 18 bulan pada hari Kamis (23 Juni) karena membuat komentar afensif tentang Islam di posting Instagram yang menjadi viral.

Sun sicong, 21, mahasiswi di Politeknik Temasek, juga melontarkan komentar tidak peka tentang korban pemerkosaan.

Dia mengaku bersalah bulan lalu atas satu tuduhan membuat posting-an dengan niat yang disengaja untuk melukai perasaan keagamaan umat Islam.

Dua dakwaan lainnya, atas komentarnya tentang pemerkosaan dan kepemilikan film cabul, dipertimbangkan untuk dijatuhi hukuman.

Baca Juga: Jokowi Menilik Proyek Bendungan Sepaku Semoi, Penyelamat IKN Nusantara Dari Ancaman Banjir

Pengadilan mendengar bahwa Sun, seorang warga negara Tiongkok yang merupakan penduduk tetap Singapura, membuat posting-an Instagram stories yang menyinggung agama sekitar tahun 2018 dan 2019.

Dalam unggahannya, ia menggambarkan aksi kekerasan terhadap umat Islam, ancaman pembakaran teks-teks agama, dan penghinaan terhadap ajaran Islam.

Dia juga mengatakan, “tidak masalah melakukan genosida jika ‘dia’ dalam posisi berkuasa.”

Pada saat itu, tidak ada laporan polisi yang dibuat terkait dengan posting-an Instagram stories, yang merupakan posting-an sementara yang secara otomatis hilang setelah 24 jam.

Tetapi posting-an tersebut muncul kembali secara online sekitar 7 Juni 2020, setelah Sun mengambil tangkapan layar akun korban pemerkosaan tentang cobaannya dan memposting-nya dengan komentar cukup sensitif.

Halaman:

Editor: Pheby Mawaddah Situmorang

Sumber: www.channelnewsasia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penetapan Tersangka Kasus Holywings: Ego Sektoral?

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:30 WIB
X