BMKG Rilis Siaran Pers Terkait Suhu Panas Dan Gerah Di Sebagian Wilayah Indonesia

- Minggu, 22 Mei 2022 | 20:30 WIB
BMKG menginformasikan bahwa meningkatnya suhu dirasakan lebih panas atau terik dari biasanya pada bulan Mei ini merupakan hal yang wajar (BMKG)
BMKG menginformasikan bahwa meningkatnya suhu dirasakan lebih panas atau terik dari biasanya pada bulan Mei ini merupakan hal yang wajar (BMKG)

URBANJABAR.COM – Setelah perilisan informasi dari BMKG pada tanggal 8 Mei 2022 silam, yang dilaporkan suhu panas terjadi di beberapa wilayah Indonesia dan menimbulkan kepanikan masyarakat karena dikaitkan dengan kejadian gelombang panas yang tengah terjadi di negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis yakni India.

Kejadian suhu panas banyak dikeluhkan masyarakat pada saat libur lebaran dan hari-hari setelahnya hingga kini.

Tak pelak BMKG selaku Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika pun angkat bicara.

“setidaknya 2 hingga 8 stasiun cuaca BMKG melaporkan suhu udara maximum >35℃. Stasiun cuaca Kalimarau (Kaltim) dan Ciputat (Banten) bahkan mencatat suhu maksimum sekitar 36℃ berurutan beberapa hari.” Tulis BMKG dalam situs resmi Instagram @infobmkg pada 18 Mei 2022 kemarin.

Baca Juga: Jelang Idul Adha BAZNAS Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pada Hewan Ternak

Pihak BMKG sendiri sudah menjelaskan bahwa kejadian suhu panas di Indonesia bukan dikategorikan sebagai gelombang panas seperti di India, karena tidak memenuhi definisi kejadian ekstrim meteorologis oleh Badan Meteorologi Dunia (WMO).

Suhu anomali lebih panas 5℃ dari rerata klimatologis suhu maksimum di suatu lokasi dan setidaknya sudah berlangsung dalam 5 hari.

Dalam siaran persnya BMKG menginformasikan bahwa meningkatnya suhu dirasakan lebih panas atau terik dari biasanya pada bulan Mei ini merupakan hal yang wajar.

Baca Juga: Pastikan Layanan ke Jamaah Haji Sudah Siap. Menag Yaqut bertolak ke Arab Saudi Rabu Lalu

Halaman:

Editor: Fauzi Ghanim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penetapan Tersangka Kasus Holywings: Ego Sektoral?

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:30 WIB
X