Jelang Idul Adha BAZNAS Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pada Hewan Ternak

- Minggu, 22 Mei 2022 | 19:07 WIB
PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthae Epizootica adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus (Pexels.com)
PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthae Epizootica adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus (Pexels.com)

URBANJABAR.COM - Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Kurban.

Akan tetapi, ada sebutan lain bagi hari besar umat Islam ini, yaitu Lebaran Haji yang identik dengan adanya pemotongan hewan kurban.

Namun sayangnya, terdapat penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) diduga masuk menginfeksi ternak di Indonesia melalui berbagai perantara.

PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthae Epizootica adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

Baca Juga: Pastikan Layanan ke Jamaah Haji Sudah Siap. Menag Yaqut bertolak ke Arab Saudi Rabu Lalu

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara sosialisasi Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak secara virtual yang dihadiri oleh peternak Balai Ternak BAZNAS di seluruh Indonesia.

Acara sosialisasi digelar secara daring melalui kanal YouTube BAZNAS TV, Jumat 13 Mei 2022 lalu, diharapkan mampu memberi pengetahuan luas kepada para peternak di seluruh Balai Ternak BAZNAS maupun tempat lain untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak belakangan ini.

"Hal ini menjadi sangat penting, sebagai bentuk mitigasi sehingga kita bisa mengantisipasi wabah penyakit ini. Selain itu, ini juga menjadi bentuk ikhtiar kita untuk melakukan pembinaan dan penguatan kepada para peternak di Balai Ternak sehingga dapat lebih memiliki pengetahuan dan juga keterampilan dalam mengantisipasi wabah penyakit ini," kata Plt Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR BAZNAS RI, Eka Budhi Sulistyo dalam sambutannya, Jumat lalu secara daring melalui kanal YouTube BAZNAS TV.

Baca Juga: Sempat Dibikin Galau, Eki Febri Akhirnya Berhasil Raih Medali Emas di SEA Games 2022

Halaman:

Editor: Fauzi Ghanim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penetapan Tersangka Kasus Holywings: Ego Sektoral?

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:30 WIB
X