Rahasiakan Data Pribadi, Hindari Kejahatan Social Engineering

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:55 WIB
Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Bank Rakyat Indonesia (BRI)

URBANJABAR.COM - Kehatian-kehatian senantiasa harus selalu diterapkan oleh nasabah, munculnya berbagai macam modus kejahatan tidak dikenal dari sumber yang tidak terpercaya mesti diwaspadai untuk menghindari tindak kejahatan social engineering.

Social engineering sendiri merupakan tindak kejahatan yang memanipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data perbankan korban. 

Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam, mulai dari telepon, SMS, e-mail,media sosial, dan lainnya. 

Baca Juga: SNSD Rayakan Ulang Tahun Grup yang ke-15 : Seluruh Member GG Berpartisipasi dalam Comeback Grup?

BRI pun senantiasa terus menghimbau nasabahnya untuk senantiasa berhati-hati terhadap berbagai modus kejahatan perbankan tersebut.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan nasabah mesti menjaga data pribadi agar tidak dikuasai oleh siapa pun.

Hindari mengangkat telepon dari nomor telpon yang mencurigakan. Nasabah sebaiknya hanya mengangkat dari call center resmi BRI 14017.

Nasabah perlu mewaspadai adanya notifikasi dari sumber yang tidak dikenal. Hindari untuk men-klik tautan dari SMS, email, dan media sosial yang tidak dikenal untuk mencegah adanya tindakan hacking.

Baca Juga: Kahitna Raisa Berkolaborasi Bawakan Lagu Mantan Terindah di Allo Bank Festival 2022: Berikut Lirik Lagunya

Menurut Aestika, jangan sampai membuka kesempatan bagi pelaku untuk bisa berkomunikasi serta melancarkan aksinya.

Halaman:

Editor: Ade Rachmat

Sumber: Berita Pers PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk No. 145

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penetapan Tersangka Kasus Holywings: Ego Sektoral?

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:30 WIB
X