Data Pelamar Kerja Pertamina Diduga Bocor di Internet

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi Hacker (FotoArt-Treu via pixabay.com)
Ilustrasi Hacker (FotoArt-Treu via pixabay.com)

URBANJABAR.COM - Diduga bocor ratusan data pribadi pelamar kerja di PT Pertamina Training dan Consulting (PTC) data di situs Raid Forums.

PTC merupakan anak usaha Pertamina yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan, konsultasi, dan manajemen.

Belum lama ini, data pasien kesehatan Indonesia milik Kementerian Kesehatan diduga bocor. Jumlah data yang bocor diperkirakan sekitar 6 juta pasien.

Oknum penjual data pribadi di Raid Forum itu memiliki username Astarte. Dari yang terlihat, ia menjual 720 GB data dan dokumen kesehatan pasien.

Baca Juga: Jangan Salah, Orang Yang Mati Husnul Khotimah Tidak Dilihat Dari Fisiknya: Ustadz Khalid Basalamah

Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha menuturkan pelaku mengklaim isi data pelamar kerja itu terdiri dari KTP, Kartu Keluarga, kartu BPJS, akta kelahiran, ijazah, transkrip nilai, dan data lainnya.

Total file sebesar 60GB yang dibagikan secara gratis, namun saat ini alamat yang digunakan untuk mengunduh sampel data sudah kadaluarsa.

Takhanya itu masih banyak data lain milik pelamar kerja tersebut di dalam beberapa file.

Baca Juga: Mau Mencoba Inilah 7 Bahan Alami Yang Dapat Menghilangkan Komedo Sekaligus Menyegarkan Wajah

"Seperti CV (Curriculum Vitae), SKCK, Foto, SIM, surat bebas narkoba, surat keterangan sehat, dan dokumen lainnya," kata Pratama.

Astarte sempat menaruh tautan untuk mengunduh seluruh data tersebut secara gratis. Namun, saat ini tautan yang mengarah ke aplikasi berbagi file, Gofiles, sudah dihapus.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak terkait termasuk Pertamina tentang insiden tersebut.***

Editor: Fauzi Ghanim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X