Daftar Negara dengan Kasus Varian Omicron Per 2 Desember 2021

- Minggu, 5 Desember 2021 | 10:00 WIB
Negara dengan Kasus Varian Omicron sudah banyak. Indonesia harus waspada. (piviso via pixabay.com)
Negara dengan Kasus Varian Omicron sudah banyak. Indonesia harus waspada. (piviso via pixabay.com)

URBANJABAR.COM - Memasuki minggu pertama sejak WHO mengumumkan munculnya varian Omicron sejak 26 November 2021, varian ini telah menyebar kesejumlah negara.

Kasus varian Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada 24 November 2021 dan yang terbaru adalah Malaysia dan Singapura yang melaporkannya pada 2 Desember 2021.

WHO menggolongkan varian Omicron yang telah menyebar ke beberapa negara ini sebagai "varian of concern" yang lebih mudah menular dan lebih ganas juga diduga kebal terhadap vaksin varian sebelumnya.

Varian Omicron cepat menyebar bahkan telah masuk kebeberapa negara yang terbaru Malaysia dan Singapura karena varian ini mengandung 30 mutasi pada protein spike yang memungkinkan virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: PT Bintang Cargo Indonesia (J&T Cargo) Butuh Customer Service, Admin, dan 4 Lainnya, Segera Lamar!

Gejala yang ditimbulkan saat terinfeksi varian omicron pun tergolong ringan dan berbeda dari varian sebelumnya hingga seseorang tidak menyadari sudah terinfeksi varian baru ini.

Seseorang yang terkena varian Omicron hanya merasakan sakit dan kelelahan yang berat di sekujur tubuhnya dan rasa sangat gatal ditenggorokan.

Tanpa ada sesak nafas, batuk pilek seperti varian Delta, namun Dr Angelique Coetzee menggolongkan varian Omicron sebagai "super mutant" karena memiliki 50 perubahan.

Baca Juga: Cara Download Sertifikat Vaksin Lewat Chatbot WA PeduliLindungi

Inilah daftar negara dengan Kasus Varian Omicron, yang terbaru Malaysia dan Singapura dengan jumlah kasusnya:

Halaman:

Editor: Husein

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X