Kronologi Masuknya Varian Omicron ke Malaysia dan Singapura

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:56 WIB
Ilustrasi varian omicron. (Tumisu via Pixabay.com)
Ilustrasi varian omicron. (Tumisu via Pixabay.com)

URBANJABAR.COM - Varian Omicron telah masuk ke Malaysia dan Singapura seperti dikonfirmasikan oleh Kementerian Kesehatan 2 negara tetangga Indonesia tersebut.

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin pada Jumat 3 Desember 2021 menyatakan bahwa kasus pertama varian Omicron terdeteksi masuk Malaysia pada Kamis 2 Desember 2021.

Kronologi masuknya varian Omicron ke Malaysia adalah melalui seorang mahasiswa berusia 19 tahun warga negara Afrika Selatan yang mengenyam pendidikan di salah satu Universitas Swasta di Ipoh, Perak.

Baca Juga: Bukan Maen, Komplotan Pembuat Kartu Prakerja Fiktif Raup Untung Hingga Rp18 Miliar

Mahasiswa tersebut masuk ke Malaysia melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada 19 November 2021 dan kini tengah menjalani karantina di Universitas terkait.

Bila mahasiswa tersebut telah tiba di Malaysia pada 19 November 2021, ini berarti sebelum varian Omicron terdeteksi di Afrika Selatan pada 24 November 2021.

WHO baru mengabarkan penemuan varian B.1.1.529 sebagai varian 'yang mengkhawatirkan' dinamai varian Omicron pada 26 November 2021 atas peringatan dari Grup Penasihat Teknis WHO tentang Evolusi Virus (TAG-VE). 

Baca Juga: Lirik Lagu EXO ‘Christmas Day’ dan Terjemahannya: Aku Bersemangat Seperti Anak-anak

Ministry of Health (MOH) Singapura mengabarkan bahwa varian Omicron telah memasuki negara mereka pada Kamis 2 Desember 2021. 

Kronologi masuknya varian Omicron masuk ke Singapura melalui 2 orang warga negara Singapura yang tiba dari Johannesburg dengan penerbangan Singapore Airlines SQ479 pada Rabu 1 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Chairul Umam

Sumber: The Strait Times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X