3 Kreasi Kue Kekinian Dari Olahan Tepung Beras, Cocok Banget Untuk Dinikmati Saat Musim Penghujan Gini

- Selasa, 6 Desember 2022 | 20:56 WIB
potret kreasi camilan kue kekinian  (YouTube @atha naufal, @Dapur Lielis, @Bagja Vlog)
potret kreasi camilan kue kekinian (YouTube @atha naufal, @Dapur Lielis, @Bagja Vlog)
URBANJABAR.COM - Musim penghujan sudah tiba yah gaes, paling enak kalau makan camilan nih pas hujan gini.
 
Cobain deh resep kreasi camilan dari bahan tepung beras yang mudah dan praktis banget buat di bikin sendiri dirumah.
 
Nah penasaran bukan gimana cara membuat camilan ini, yuk langsung aja simak langkah pembuatannya berikut.
 
1.Kue Talam Labu Kuning
 
Bahan :
600 gram labu kuning
500 ml santan
100 gram tepung beras
185 gram tepung tapioka 
300 gram gula pasir 
¾ sendok teh garam 
 
Bahan Lapisan Putih :
90 gram tepung tapioka
160 gram tepung beras
780 ml santan
1 sendok teh garam
¼ sendok teh vanili bubuk
 
 
Cara membuat :
•Siapkan 600 gram labu, kemudian kupas kulitnya. Cuci bersih dan tiriskan labu tersebut.
 
•Potong kecil-kecil agar lebih mudah lunak saat dikukus, kemudian kukus hingga matang dan lunak.
 
•Angka dan tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu masukkan potongan labu kedalam food processor.
 
•Tambahkan 500 ml santan, 300 gram gula pasir, ¾ sendok teh garam, 100 gram tepung beras, 185 gram tepung tapioka.
 
•Kemudian haluskan hingga tercampur rata, kemudian siapkan cetakan kue untuk bentuk cetakan bisa sesuai selera masing-masing.
 
•Lalu tuang adonan hingga ¾ bagian cetakan, sisakan sedikit ruang untuk adonan warna putih nanti.
 
•Kemudian masukkan kedalam kukusan yang telah dipanaskan hingga airnya mendidih, kukus kurang lebih selama 15 menit menggunakan api sedang.
 
•Sambil menunggu buat adonan lapisan putih, siapkan wadah. Lalu masukkan 160 gram tepung beras, 90 gram tepung tapioka, 1 sendok teh garam, ¼ sendok teh vanili bubuk, 780 ml santan.
 
•Aduk hingga semua bahan tercampur rata, jika sudah 15 menit adonan kuning dikukus. Tuang adonan putih kedalam cetakan.
 
•Lakukan hal yang sama hingga seluruh cetakan penuh dengan adonan putih, lalu kukus lagi sekitar 15 menit atau hingga matang.
 
•Jika sudah matang, angkat dan tunggu hingga kue talam dingin. Lalu keluarkan dari dalam cetakan.
 
•Letakkan diatas piring saji, bisa disimpan di lemari es dulu jika ingin lebih segar.
 
•Kini kue talam labu kuning siap untuk dinikmati
 
2.Kue Limpung
 
Bahan :
100 gram kelapa parut
Sedikit garam
1 lembar daun pandan
***
6 lembar daun pandan 
10 lembar daun suji
200 ml air
3 sendok makan air kapur sirih
400 ml santan
Pasta pandan secukupnya
½ sendok teh garam
100 gram tepung beras
2 sendok makan tapioka
 
 
Cara membuat :
•Siapkan 100 gram kelapa parut, kemudian tambahkan ¼ sendok teh garam, dan 1 lembar daun pandan yang telah dipotong kecil.
 
•Aduk hingga semua bahan tercampur rata, kemudian kukus kelapa parut tersebut kurang lebih selama 10 menitan. Jika sudah angkat dan tunggu hingga dingin.
 
•Siapkan 6 lembar daun pandan dan 10 lembar daun suji, kemudian potong kecil-kecil kedua bahan tersebut.
 
•Lalu masukkan daun pandan dan daun suji yang telah dipotong kedalam food processor, selanjutnya tambahkan 200 ml air.
 
•Haluskan, kemudian di saring air jusnya. Tambahkan 3 sendok makan air kapur sirih.
 
•Aduk hingga semua bahan tercampur rata, kemudian tambahkan 400 ml santan dan aduk kembali.
 
•Kemudian tambahkan pasta pandan secukupnya, ½ sendok teh garam. Aduk hingga tercampur rata.
 
•Tambahkan pula 100 gram tepung beras, Aduk hingga tercampur rata. Lalu masukkan juga 2 sendok makan tepung tapioka.
 
•Kemudian saring dan masukkan kedalam panci, masak menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga kental dan kalis.
 
•Jika sudah matikan apinya. Lalu masukkan kedalam piping bag yang diujungnya dikasih spluit bunga.
 
•Siapkan piring saji dan taburi dengan parutan kelapa yang telah didinginkan tadi, kemudian semprotkan adonan keatas wadah tersebut.
 
•Taburi dengan parutan kelapa, dan kini kue limpung siap untuk dinikmati.
 
3.Nagasari Gulung
 
Bahan :
12 sendok makan tepung beras
3 sendok makan gula pasir
¼ sendok teh garam
Vanila cair secukupnya
3 sendok makan tepung tapioka
300 ml santan kekentalan sedang 
8 buah pisang kecil-kecil
Pewarna makanan hijau secukupnya
Pewarna makanan merah rose secukupnya
100 gram kelapa parut
¼ sendok teh garam 
 
 
Cara membuat :
•Siapkan wadah, kemudian masukkan 12 sendok makan tepung beras, 3 sendok makan gula pasir.
 
•Tambahkan juga ¼ sendok teh garam, vanila cair secukupnya, dan tuang 300 ml santan kekentalan sedang sedikit demi sedikit secara bertahap.
 
•Aduk hingga tercampur rata, kemudian tuang kedalam panci dan masak hingga mendidih menggunakan api sedang cenderung kecil.
 
•Aduk-aduk hingga adonan mengental dan kalis, matikan apinya. Lalu tambahkan 3 sendok makan tepung tapioka.
 
•Lalu aduk semua bahan hingga tercampur rata, kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata.
 
•Kemudian beri pewarna makanan hijau untuk adonan satunya, dan beri pewarna makanan merah rose untuk adonan yang lain.
 
•Lalu masukkan kedalam plastik piping bag, kemudian semprotkan garis-garis berjejer dan beri 1 potong pisang.
 
•Gulung adonan nagasari hingga membungkus seluruh permukaan pisang, lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan habis.
 
•Untuk ukuran potongan pisang tergantung selera masing-masing, lalu siapkan kukusan alasi dengan daun pisang.
 
•Olesi dengan minyak goreng secukupnya permukaan daun pisang tersebut, kemudian masukkan nagasari gulung kedalamnya.
 
•Tata rapih berjarak, kemudian kukus hingga matang. Angkat dan letakkan di atas nampan yang telah dialasi daun pisang.
 
 
•Kemudian letakkan di atas piring saji, dan taburi dengan parutan kelapa yang telah dicampur dengan sedikit garam.
 
Nah bagaimana bunda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah, cukup mudah bukan cara membuat kreasi camilan kue kekinian ini.
 
Kreasi kue kekinian tersebut juga cocok dijadikan sebagai camilan bersantai bersama keluarga tercinta, bisa juga dijadikan ide jualan loh. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba.***

Editor: Zahra Fariha N. Artyasa

Sumber: YouTube Atha Naufal, YouTube Dapur Lielis, YouTube Bagja Vlog

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simple! Begini Resep Ayam Goreng Telur Rumahan.

Senin, 30 Januari 2023 | 14:07 WIB

Inilah Resep Ayam Goreng Pandan Rasa Gurih Wangi.

Senin, 30 Januari 2023 | 13:47 WIB
X