7 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, 90% Kandungan Airnya Menyegarkan Sekaligus Mencegah Dehidrasi

- Selasa, 20 September 2022 | 07:00 WIB
:Buah semangka sangat cocok dinikmati saat musim panas karena mengandung banyak air sehingga sangat menyegarkan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi (Pixelme Stock Photography via pexels.com)
:Buah semangka sangat cocok dinikmati saat musim panas karena mengandung banyak air sehingga sangat menyegarkan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi (Pixelme Stock Photography via pexels.com)

URBANJABAR.COM - Buah semangka adalah buah yang kaya akan air dan sangat menyegarkan jika dikonsumsi dalam keadaan dingin saat cuaca terik.

Ahli gizi mengatakan bahwa semangka rendah kalori dan gula namun kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan sehingga menjadikannya tambahan yang bagus untuk menu diet sehat.

Menurut Departemen Pertanian AS, 152 gram  manfaat buah semangka mengandung 45,6 kalori, 0,2 gram lemak, 1,52 mg natrium, 11,5 gram karbohidrat, 0,6 gram serat, 12,3 mg vitamin, 170 mg kalium, 10 mg kalsium, 865 IU vitamin A, dan 6.890 mikrogram likopen.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Penyakit Nggak Akan Betah

Manfaat buah semangka dianggap sebagai buah FODMAP (oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol yang dapat difermentasi) yang tinggi.

Artinya semangka mengandung gula rantai pendek yang sulit dicerna oleh beberapa orang, oleh karena itu dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi semangka agar tidak kembung.

Berikut ini adalah manfaat buah semangka bagi kesehatan:

Baca Juga: Luar Biasa! Simak 5 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

1. Kaya akan nutrisi penting

Semangka memiliki nutrisi yang baik dalam 46 kalori per cangkir, mengandung sekitar 15% dari kebutuhan vitamin C harian Anda bersama dengan banyak vitamin dan mineral lainnya yaitu potasium, vitamin A dan B6.

Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus menyerap zat besi, sementara vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata.

Semangka juga kaya akan potasium, yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan mendukung fungsi saraf, dan vitamnin B6 yang membantu tubuh memecah protein yang Anda makan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sekaligus fungsi saraf.

2. Sumber Antioksidan

Lycopene adalah senyawa alami yang terkandung pada buah semangka dan buah serta sayuran lainnya yang memiliki sifat antioksidan.

Zat inilah yang membuat semangka berwarna merah. Lycopene bekerja untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan memiliki efek penurun tekanan darah apabila dikonsumsi secara teratur melalui program diet.

3. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Tubuh kita mendapatkan 80% hidrasi dari apa yang kita minum dan 20% dari apa yang kita makan.

Semangka mengandung lebih dari 90% air sehingga dapat membantu asupan seimbang ini.

Kebanyakan orang dewasa tidak minum cukup air, ketika suhu naik kemungkinan akan membuat tubuh kehilangan cairan karena keringat.

Mengonsumsi buah semangka yang ditaburi sedikit garam setelah olahraga sangat ideal untuk mengisi kembali elektrolit yang hilang dan simpanan karbohidrat.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Tin: Salah Satunya Mengatasi Sembelit dan Menyehatkan Kulit

4. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Karena mengandung kadar air yang tinggi dan sedikit serat membuat semangka menjadi kunci untuk menjaga pencernaan tetap lancar.

Serat menambah jumlah besar pada tinja dan membuat Anda tetap teratur buang air, sedangkan air membantu memindahkan limbah melalui sistem pencernaan Anda.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan likopen dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Ekstrak semangka dapat mengurangi tekanan darah selama periode waktu yang berkelanjutan. 

Halaman:

Editor: Maria Endah Yulindreswari

Sumber: Good Housekeeping

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak, Bikin Makan Makin Lahap

Jumat, 30 September 2022 | 22:04 WIB
X