Mengenal Egg Freezing yang Menjadi Alasan Luna Maya Tak Pusingkan Usia Ideal Menikah

- Jumat, 21 Januari 2022 | 18:45 WIB
Luna Maya mengambil keputusan Egg Freezing (instagram.com/lunamaya)
Luna Maya mengambil keputusan Egg Freezing (instagram.com/lunamaya)

URBANJABAR.COM - Keputusan Luna Maya untuk melakukan pembekuan sel telur menjadi kabar yang ramai diperbincangkan publik. Hal ini merupakan suatu pilihan yang tak awam di masyarakat kita.

Mature oocyte cryopreservation yang dikenal dengan sebutan Egg freezing ini, bukan tanpa alasan dipilih oleh Luna Maya. Metode ini dilakukan agar kelak dapat ia manfaatkan setelah  mendapatkan pendamping hidup dan siap untuk memiliki momongan.

Dilansir dari jurnal berjudul Elective Egg Freezing for Non-Medical Reasons, penurunan secara tajam tingkat kesuburan wanita di usia akhir 30-an serta awal 40-an tak serta merta membuat wanita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keturunan.

Egg freezing merupakan salah satu solusi yang ditawarkan untuk menjaga kesuburan seorang wanita. Sehingga perkara usia ideal bagi wanita tak lagi menjadi hambatan untuk merealisasikan memiliki keluarga di masa depan.

Teknologi pembekuan sel telur ini semakin berkembang dengan adanya Vitrifikasi, sebuah metode pembekuan yang dilakukan dalam waktu yang relatif cepat. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang hampir sama dengan menggunakan sel telur yang segar.

Wanita dengan usia 35 tahun ke bawah memiliki keberhasilan yang jauh lebih tinggi dalam penerapan metode ini. Dapat dikatakan bahwa faktor usia wanita saat melakukan pembekuan sel telur berpengaruh besar terhadap keberhasilan yang didapatkan.  

Pembekuan sel telur dikatakan efektif untuk memberi kesempatan kepada wanita untuk mengambil tindakan terhadap penurunan masa subur mereka.

Editor: A Nurul Fauziah

Sumber: Youtube Venna Melinda Channel

Tags

Terkini

X