Secara Perlahan Namun Pasti, 7 Hal Ini Bisa Melumpuhkan Potensi Hebat Seseorang

- Kamis, 20 Januari 2022 | 22:23 WIB
 Illustrasi khawatir yang dapat melemahkan potensi hebat
Illustrasi khawatir yang dapat melemahkan potensi hebat
URBANJABAR.COM. Setiap individu memiliki potensi hebat dalam dirinya, baik disadari atau tidak namun anugerah itu telah ada pada diri seseorang sejak manusia terlahir ke dunia.
 
Yang membedakan adalah ada yang terus berpacu namun ada pula sebagian orang yang secara tidak sengaja melumpuhkan potensi hebatnya sendiri.
 
Faktor dari luar seperti pendidikan, ekonomi, lingkungan sering dijadikan kambing hitam dan alasan sebagai hal yang melumpuhkan potensi hebat seseorang.
 
Namun sebenarnya pengaruh dari dalam diri sendirilah yang menjadi hal terbesar yang bisa melumpuhkan potensi hebat seseorang dengan perlahan namun pasti.
 
 
Sayangkan, bila tanpa disadari diri kita sendirilah yang telah melumpuhkan potensi hebat yang menjadi kunci utama kesuksesan dan keberhasilan.
 
Maka coba lihat kembali adakah 7 hal yang bisa melumpuhkan potensi hebat seseorang ada dalam dirimu yang telah dikutip URBANJABAR.COM dari laman Instagram @mentorbisnis.id:
 
1. Terlalu menghawatirkan penilaian dan komentar orang lain
 
Tidak perlu terlalu pusing dengan komentar orang lain yang tidak memahami apa-apa dan hanya mampu berkomentar negatif yang dapat melemahkan dirimu.
 
Fokuslah pada tujuanmu kalau apa yang kamu lakukan memiliki tujuan positif dan dampaknya juga baik, jangan pernah ragu untuk terus memperjuangkannya.
 
2. Selalu minder karena merasa nggak pantas 
 
Kenali dirimu sendiri kelebihannya dan juga kekurangannya, semakin kamu berusaha mengasah diri dan semakin banyak belajar maka perasaan minder itu pun akan hilang dengan sendirinya.
 
Jangan lemahkan potensi hebatmu hanya karena merasa tak pantas dengan alasan apapun, karena bila itulah jalanmu maka tidak ada yang lebih pantas selain dirimu.
 
 
3. Takut menerima kegagalan dan lebih memilih zona nyaman 
 
Saat perasaan takut kerja kerasmu, kelebihanmu dan pengorbananmu tidak membuahkan hasil seperti yang kamu impikan muncul berarti kamu telah membunuh potensi hebatmu sendiri.
 
Padahal tak ada ikhtiar positif yang berujung sia-sia sebab dari kegagalan demi kegagalan itu kamu ditempa jadi orang yang lebih kuat dan membuka pintu lain menuju kesuksesan.
 
4. Mudah puas dan merasa tidak perlu lagi memperbaiki kualitas diri 
 
Apapun profesinya seharusnya tidak ada kata berhenti untuk belajar, saat seseorang sudah merasa puas menilai diri sangat baik maka pertumbuhan potensinya akan terhenti.
 
Hal ini bisa menutup jalan untuk mendapatkan potensi lebih hebat lagi hingga tidak akan pernah tahu kalau potensimu ternyata jauh lebih hebat dari itu.
 
5. Berdalih kalau kamu nggak punya waktu sebanyak mereka yang hebat 
 
Benarkah kamu nggak punya waktu atau tidak siap untuk memangkas waktu bersenang-senang dengan kerja keras?. Ingatlah, orang-orang sukses di luar sana selalu rela melakukan pengorbanan termasuk waktunya.
 
6. Terlalu pasrah pada nasib seolah kamu tak mampu mengubah apa-apa
 
Kekurangan seseorang bukanlah hambatan yang menjadikannya alasan untuk berleha-leha dan mengandalkan belas kasih orang lain.
 
Jangan biarkan potensi hebatmu terpenjara karena kekuranganmu karena Tuhan maha adil pasti ada satu sisi kelebihan yang bisa kamu gali untuk memperjuangkan kesuksesanmu. 
 
 
7. Selalu beralasan tidak punya bakat 
 
Bakat memang ikut ambil bagian dalam kesuksesan seseorang tapi kontribusinya juga sedikit karena bakat tanpa usaha untuk melatihnya bakal percuma saja.
 
Contohnya adalah para atlet peraih emas dunia, sebagian dari mereka mengaku punya bakat ada yang tidak tapi yang jelas mereka tidak pernah berhenti melatih diri untuk memunculkan potensi hebat.
 
Selalulah berusaha untuk menghindari 7 hal yang bisa melumpuhkan potensi hebatmu karena saat terus berusaha walaupun satu pintu tertutup maka akan ada seribu pintu terbuka, percayalah.***
 
 
 

Editor: Pheby Mawaddah Situmorang

Sumber: @mentorbisnis.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X