Kenali Sejak Awal 7 Tanda Tubuh Sudah Dipenuhi Racun Mulai Dari Sembelit Hingga Rambut Rontok

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB
Rambut rontoh salah satu tanda tubuh sudah dipenuhi racun  ((slavoljubovski// pixabay.com))
Rambut rontoh salah satu tanda tubuh sudah dipenuhi racun ((slavoljubovski// pixabay.com))
 
URBANJABAR.COM - Tanpa disadari tubuh sudah dipenuhi racun yang secara tidak sengaja atau tidak disadari masuk kedalam tubuh melalui makanan maupun kosmetik yang kita kenakan.
 
Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan maupun kosmetik tidak dapat diterima oleh tubuh dan secara tidak langsung menjadi racun yang menumpuk dalam organ badan.
 
Memang tidak mudah untuk mengenali apakah keadaan tubuh kita baik-baik saja ataukah tubuh sudah dipenuhi racun yang tentu akan berpengaruh pada kesehatan.
 
Sebenarnya, sudah ada tanda bila tubuh sudah dipenuhi racun namun tidak dipedulikan karena sinyal tersebut tampak seperti gangguan ringan hingga dianggap tidak berbahaya.
 
 
Untuk mengenalinya, inilah 7 tanda tubuh sudah dipenuhi racun mulai dari sembelit hingga rambut rontok yang dikutip URBANJABAR.COM dari laman Instagram @oksehat:
 
1. Sembelit 
 
Usus yang berhubungan langsung dengan masalah pencernaan juga memiliki tugas penting untuk membuang racun-racun yang masuk kedalam tubuh.
 
Sembelit akan terjadi bila serpihan racun yang berasal dari makanan yang disantap banyak mengandung bahan kimia, pengawet, pewarna maupun pemanis buatan yang menumpuk dan menginap dalam usus.
 
 
2. Kabut otak 
 
Jika sering merasa pusing, bingung dan tidak dapat berkonsentrasi setiap hari atau merasa tidak pernah tidur nyenyak itu berarti racun sedang mengacaukan kerja otak.
 
Saat tubuh sudah dipenuhi racun akan menyebabkan serangkaian reaksi yang mengeringkan vitamin dan mineral penting dalam tubuh yang berpengaruh pada otak.
 
3. Bau badan menyengat
 
Deodorant tidak bantu menghilangkan bau badan menyengat meskipun sudah mandi rutin setiap hari. Aroma tidak sedap dari badan ini bisa bersumber dari racun yang ada di dalam tubuh.
 
 
Racun-racun tersebut akan menghasilkan gas berbau yang keluar melalui pori-pori tubuh manusia, menyengatnya aroma badan yang disebabkan racun ini bahkan menyaingi bau kentut. 
 
4. Sulit tidur 
 
Akibat tubuh yang dipenuhi racun juga akan merasa cepat lelah dan tentu menimbulkan dampak negatif memburuknya jam tidur karena kadar hormon pengantar tidur terganggu oleh racun.
 
Efek buruknya, Insomnia juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang parah. Coba pertimbangkan untuk melakukan detoksifikasi agar gangguan akibat racun yang menumpuk dapat teratasi.
 
 
5. Bau nafas yang tajam
 
Bau mulut menjadi gejala dari masalah pencernaan, hal ini biasa terjadi ketika sistem pencernaan harus berjuang mencerna semua makanan yang masuk kedalam lambung.
 
Namun, bau mulut yang tajam juga dapat terjadi ketika hati sedang berjuang membersihkan semua racun yang terakumulasi, karena salah satu fungsi organ ini adalah menyingkirkan satu persatu racun.
 
6. Kuku berubah warna dan jadi rapuh
 
Kuku yang berubah warna kegelapan atau keruh dan menjadi rapuh juga menjadi tanda tubuh dipenuhi racun karena berhubungan dengan keadaan organ tubuh lainnya.
 
 
Kuku telah lama dijadikan cara mengenal tubuh dalam keadaan baik atau tidak, karena itu saat terjadi kelainan pada kuku bisa menjadi tanda ada racun yang menumpuk dalam tubuh.
 
7. Rambut rontok 
 
Rambut rontok bukan menjadi gejala utama dari kelebihan racun yang disebabkan dari racun sehari-hari, karena helai rambut bisa saja menjadi rapuh karena faktor lain.
 
Namun rambut rontok bisa saja disebabkan racun yang telah berdiam lama akibat limbah timbal dan kalium zat yang ditemukan dalam asap rokok, sebaiknya jangan anggap rambut rontok adalah masalah ringan.  
 
Itulah 7 tanda tubuh sudah dipenuhi racun yang patut dikenali dan diperhatikan mulai dari sembelit hingga rambut rontok, jangan anggap remeh, segeralah periksa ke dokter bila gejala tersebut semakin mengganggu.***

Editor: Fauzi Ghanim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X