Bila 5 Ciri Orang Egois Ini Ada Dalam Dirimu Segeralah Berubah

- Senin, 17 Januari 2022 | 22:31 WIB
Illustrasi orang egois yang menyebalkan
Illustrasi orang egois yang menyebalkan
URBANJABAR.COM. Egois atau egoisme adalah sifat yang berawal dari motivasi untuk mempertahankan dan mengangkat anggapan yang hanya menguntungkan dirinya sendiri.
 
Sedangkan dalam bahasa menurut Collins Dictionary egois adalah kepedulian terhadap kepentingan dan kesejahteraan diri sendiri. Orang egois melakukannya.
 
Mungkin seseorang tidak menyadari bila dirinya termasuk kegolongan orang yang hanya memandang dirinya sendiri ini, tapi sebenarnya ada 5 ciri orang egois yang dapat dikenali.
 
Cobalah mengenal diri sendiri, apakah kita memiliki 5 ciri orang egois dibawah ini, bila ada maka berubahlah agar tidak menyakiti orang lain yang berada didekat kita:
 
 
1. Tidak merasa bersalah jika merepotkan orang lain 
 
Sebagai mahluk sosial, meminta tolong kepada orang lain untuk melakukan hal yang tidak mampu kita lakukan sendiri tentu sudah biasa terjadi.
 
Tapi, orang egois bisa tidak memikirkan perasaan orang yang dia minta tolong, orang egois biasanya tidak peduli meskipun orang lain merasa kerepotan karena permintaan yang terlalu berlebihan atau di waktu yang tidak tepat.
 
2. Selalu merasa bahwa dirinya benar dan orang lain salah 
 
Ketika suatu kesalahan terjadi, orang egois sangat enggan untuk instropeksi dirinya sendiri karena baginya kesalahan pasti datang dari orang lain dan bukan dari dirinya.
 
Keegoisan seperti ini biasanya menjadikan orang lain malas untuk mendekat, jadi jangan sampai memiliki salah satu dari 5 ciri orang egois yang menyebalkan ini.
 
3. Enggan mempertimbangkan masukan dari orang lain
 
Ciri orang egois lainnya yaitu dia tidak pernah mau menerima masukan dari orang lain baik itu dari atasan, guru, orang tua apalagi temannya sendiri.
 
Bagi orang egois, menerima masukan baik berupa kritik maupun saran adalah hal yang menurunkan derajat atau harga dirinya.
 
 
4. Tidak pernah menghargai usaha dan kerja keras orang lain
 
Salah satu ciri egois yang jarang disadari banyak orang adalah kurang bahkan tidak pernah memberi penghargaan atas usaha orang lain, walaupun hanya berupa pujian kecil.
 
Orang egois merasa bahwa sudah sewajarnya orang lain melakukan usaha sekeras itu terhadap dirinya karena dia pantas mendapatkannya, padahal bisa jadi orang lain terpaksa melakukan hal tersebut.
 
5. Selalu ingin dinomor satukan dalam segala hal 
 
Ciri orang egois lainnya adalah selalu ingin di istimewakan dan merasa dirinya spesial dan pantas menjadi prioritas bagi semua orang.
 
Si egois merasa bahwa semua orang harus selalu ada untuk mendukung dia dari segi apapun, baik moral maupun material saat ia ingin melakukan sesuatu.
 
 
 
Nah, itulah 5 ciri orang egois yang harus diketahui, bila tanda-tanda sifat menyebalkan itu ada pada dirimu maka berubahlah.
 
Jangan sampai semua orang menjauhi kita karena 5 ciri orang egois yang menyebalkan, apalagi bila sampai menyakiti orang lain yang berada disekitar kita.***

Editor: Pheby Mawaddah Situmorang

Sumber: doctor.online.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X