Khusus Maba Universitas Terbuka, Ini Istilah UT yang Harus Kamu Ketahui

- Kamis, 26 Januari 2023 | 07:30 WIB
Kampus Universitas Terbuka Pusat di Tangerang, Banten. (ut.ac.id)
Kampus Universitas Terbuka Pusat di Tangerang, Banten. (ut.ac.id)

URBANJABAR.com - Bagi kamu mahasiswa baru atau magang Universitas Terbuka pasti kamu akan mengalami kebingungan dengan sejumlah istilah yang berseliweran di telinga kamu.

Universitas Terbuka merupakan universitas yang menerapkan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Terbuka berarti siapa saja tanpa tahun ijazah asalkan lulusan SMA sederajat bisa mendaftar.

Sementara jarak jauh yang dimaksud atau bisa disebut dengan kuliah online, meskipun saat ini Universitas Terbuka memiliki kuliah tatap muka yang bisa diikuti oleh mahasiswa.

Baca Juga: Inilah 5 Jurusan Kuliah Yang Paling Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Nah, agar kamu tidak terlalu bingung ketika menjadi mahasiswa Universitas Terbuka dengan sejumlah istilah yang ada, Redaksi urbanjabar.com merangkum istilah-istilah tersebut supaya maba Universitas Terbuka mengerti.

Ke depannya, sebagai mahasiswa Universitas Terbuka kamu harus akrab dengan istilah-istilah itu. Berikut daftarnya:

Tutorial online (tuton)

Tutorial online adalah kegiatan belajar secara jarak jauh atau secara online melalui website e-learning.ut.ac.id. Pada setiap semester tutorial online digelar selama 2 bulan atau delapan pekan.

Pada tuton ini kamu akan mengikuti pembelajaran sesuai dengan mata kuliah registrasi. Dari total 8 pekan, 3 pekan diantaranya berisi tugas yaitu pekan ke-3, ke-5, dan ke-7.

Sementara pada pekan lainnya kamu akan mengikuti diskusi dan tes formatif yang berisi pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda.

Halaman:

Editor: Chairul Umam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X