Pentingnya Kesehatan Mental Anak, Begini 5 Cara untuk Mendukung Kesehatan Mental Anak

- Selasa, 6 Desember 2022 | 11:29 WIB
Ilustrasi orangtua yang sedang mengobrol dan memperhatikan anaknya. Ini adalah salah satu cara untuk mendukung kesehatan mental anak. Mau tahu selengkapnya? Simak dalam artikel ini ya ayah dan bunda! (Annushka Ahuja, Pexels.com)
Ilustrasi orangtua yang sedang mengobrol dan memperhatikan anaknya. Ini adalah salah satu cara untuk mendukung kesehatan mental anak. Mau tahu selengkapnya? Simak dalam artikel ini ya ayah dan bunda! (Annushka Ahuja, Pexels.com)

URBANJABAR.COM - Tidak sedikit orang tua yang belum sadar betul akan seberapa pentingnya kesehatan mental seorang anak.

Kebanyakan orang tua mengutamakan kesehatan fisik anak dan memenuhi kebutuhan pokok anak terlebih dahulu seperti memberikan makanan yang enak, imunisasi, memeriksa apakah anak tetap aktif atau tidak, dan lain-lain.

Namun sebenarnya, kesehatan mental anak juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik anak, lho. Ayah dan bunda, berikut penulis jelaskan mengapa kesehatan mental anak itu penting dan bagaimana cara untuk mendukung kesehatan mental anak.

Yuk langsung saja simak sampai habis artikel ini!

Mengapa kesehatan mental anak itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik anak?

Karena saat seorang anak memiliki kesehatan mental yang baik, ia akan mampu untuk berpikir jernih, bersosialisasi dengan baik dan terbuka untuk mempelajari hal-hal baru.

Baca Juga: 3 Tips Penting ! Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak Sejak Dini, Yuk Pelajari Sebelum Terlambat

Seorang anak dengan kesehatan mental yang baik juga akan tumbuh dan berkembang dalam kepercayaan diri yang baik. Ia mampu untuk meningkatkan rasa harga dirinya.

Ia mampu untuk melatih dirinya untuk menjadi tekun dalam belajar, mampu untuk menetapkan tujuan, mampu membuat keputusan, mampu mengelola emosi dan mampu untuk mengembangkan pandangan hidup yang sehat.

Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, maka dari itu, salah satu cara untuk memberikan yang terbaik untuk anak adalah dengan mendukung kesehatan mental anak.

Bagaimana caranya?

Berikut penulis sajikan cara untuk mendukung kesehatan mental anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua:

1. Orang tua menunjukan cinta tanpa syarat kepada anak
Cara pertama untuk mendukung kesehatan mental anak adalah dengan menunjukan cinta tanpa syarat kepada si anak.

Baca Juga: 9 Menit Ini Dipercaya Dapat Membuat Perbedaan Terhadap Perkembangan Otak, Mindset, dan Kesehatan Mental Anak

Beritahu anak kita bahwa apapun yang terjadi, orang tua akan mencintai anaknya apa adanya dan tanpa syarat, pastikan bahwa orang tua akan selalu ada untuk anaknya dalam segala situasi.

Sekalipun orang tua merasa kecewa terhadap anaknya, orang tua harus tetap memberitahu anaknya bahwa rasa kecewa yang orang tua rasakan itu tidak ada hubungannya dengan rasa cinta yang dimiliki orang tua untuk anaknya.

2. Orang tua tidak segan untuk memberikan pujian kepada anaknya
Memberikan pujian kepada anak tidak hanya akan membuat anak merasa senang, tapi memberikan pujian kepada anak akan membantu meningkatkan kepercayaan diri serta rasa harga diri dalam diri si anak.

Dan cara ini akan mendukung kesehatan anak.

Baca Juga: Orangtua Wajib Paham, Faktor Apa yang Berpengaruh terhadap Orientasi Seksual Seorang Anak. Simak Selengkapnya

Penelitian menunjukan bahwa seorang anak yang hidup dengan kecemasan, depresi dan stres akan membuat kualitas hidup mereka menjadi buruk.

Harga diri yang rendah bahkan menyebabkan ide untuk bunuh diri.

3. Orang tua meluangkan waktu bersama anak
Orang tua yang mau meluangkan waktunya sejenak bersama anak, disela-sela kesibukannya, tidak hanya akan mempererat hubungan antar-keluarga, tapi akan memenuhi kebutuhan kasih sayang anak.

Dengan meluangkan waktu bersama anak untuk mengobrol dengan mereka, menanyakan bagaimana hari-hari mereka berjalan, akan menunjukan kepedulian orang tua terhadap anak.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu: 4 Tanda-tanda Anak Remaja Mengidap Depresi dan Penyebabnya

Selain mengobrol, orang tua dan anak bisa menghabiskan waktu bersama dengan berjalan-jalan bersama, membantu anak mengerjakan pekerjaan rumahnya, atau bermain games bersama anak, dan lain-lain.

4. Orang tua berkomunikasi secara teratur dengan anak
Orang tua yang sering berkomunikasi secara teratur dengan anaknya tidak hanya mendukung kesehatan mental anak, namun itu akan membantu anak dalam memecahkan sebuah permasalahan yang sulit.

Lakukan komunikasi terbuka supaya anak merasa bebas dan aman untuk mengekspresikan dan mengatakan perasaannya kepada orang tua.

Jangan hanya berbicara kepada anak ketika ia melakukan kesalahan saja ya, ayah dan bunda.

5. Orang tua membangun kepercayaan dengan anak
Kepercayaan yang terjalin antara orang tua dan anak adalah salah satu kebutuhan dasar yang membuat anak merasa aman.

Seorang anak yang percaya kepada orang tuanya, akan merasa aman dan itu dapat membantu meringankan resiko anak terkena penyakit mental.

Salah satu penyebab anak mengalami masalah dalam kesehatan mental adalah rasa tidak aman dan tidak adanya kepercayaan yang terjalin antara orang tua dan anak.

Demikian adalah alasan mengapa kesehatan mental anak itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan cara untuk mendukung kesehatan mental anak.

Semoga informasinya bermanfaat.***

Editor: Kaka Satria Pratama

Sumber: verywellfamily.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Manfaat Utama dari Mengingat Allah SWT.

Senin, 30 Januari 2023 | 13:58 WIB

Apa Itu FM WhatsApp, APK MOD yang Sedang Viral

Senin, 30 Januari 2023 | 11:14 WIB
X