3 Sikap Orang Tua yang Merusak Kepribadian Anak. Pernahkah Kita Melakukannya?

- Kamis, 24 November 2022 | 21:38 WIB
Ilustrasi sikap orang tua yang merusak kepribadian anak  (Andrea Piacquadio via Pexels.com )
Ilustrasi sikap orang tua yang merusak kepribadian anak (Andrea Piacquadio via Pexels.com )

URBANJABAR.COM - Orang tua dalam mendidik anak tentu membutuhkan ilmu parenting agar bisa memberikan sikap yang tepat untuk anak, jangan sampai orang tua merusak kepribadian anak dengan sikapnya.

Karena sikap orang tua sangat berpengaruh kepada tumbuh kembang anak dan menentukan kepribadian anak kedepannya. Sehingga ketika orang tua memberikan sikap yang tidak tepat, maka  bisa merusak kepribadian anak.

Menurut penulis, pentingnya kesadaran orang tua tentang ilmu parenting yang harus dipelajari orang tua agar bisa memberikan sikap yang baik dan tepat kepada anak agar tidak merusak kepribadiannya.

Baca Juga: 5 Sikap Orang Tua Yang Membuat Anak Merasa Tak Punya Harga Diri. Apakah Kita Melakukannya?

Maka dari otu, secara singkat, dari artikel ini membantu orang tua mengetahui apa saja sikap yang dapat merusak kepribadian anak. Berikut 3 sikap orang tua yang dapat merusak kepribadian anak. Simak dibawah ini ya.

1. Selalu memenangkan anak

Orang tua terkadang ingin membuat anaknya senang, tidak ingin anaknya menangis. Sehingga ketika anak misalnya sedang meminta sesuatu dengan cara berteriak atau tantrum, orang tua pada akhirnya mengalah kepada anak dan memberikan apa yang diinginkan anak. Hal itu sama saja orang tua sedang memanjakan anak, dan hal tersebut justru akan merusak kepribadian anak.

2. Membiarkan sifat rakus

Orang tua terkadang membiarkan anak mempunyai sifat rakus. Misalnya ketika bermain dengan temannya dan ia merebut mainan teman dengan tanpa izin dan pemaksaan. Kemudian orang tua membiarkan aksi anak tersebut. Padahal seharusnya orang tua bisa mengarahkan anak kepada hal yang baik, untuk tidak merebut mainan temannya.

Halaman:

Editor: Endryanna D. Wulandari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu 'Satu Rasa Cinta' Syahiba Saufa

Rabu, 7 Desember 2022 | 07:30 WIB

5 Tips Supaya Anak Tidak Bosan di Rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:20 WIB
X