5 Kesalahan Pola Asuh Orang Tua yang Menyebabkan Anak Menjadi Stres Hingga Depresi

- Kamis, 24 November 2022 | 20:59 WIB
Berikut ini adalah 5 kesalahan pola asuh orang tua yang menyebabkan anak menjadi stres hingga depresi (Pixabay via pexels.com)
Berikut ini adalah 5 kesalahan pola asuh orang tua yang menyebabkan anak menjadi stres hingga depresi (Pixabay via pexels.com)

URBANJABAR.COM - Anak yang kurang perhatian cenderung memiliki rasa percaya diri yang rendah, dan sering sekali mereka terjebak dalam hubungan yang negatif atau yang salah.

Ketika ia sendirian dan mendapatkan suatu masalah, hal ini bisa menyebabkan ia ketakutan dan depresi parah. Setuju atau tidak, sebenarnya dalam merawat ataupun membesarkan seorang anak, orang tua bukan hanya bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tapi juga bertanggungjawab dalam membentuk kepribadian anak.

Namun, secara umum ada beberapa kesalahan pola asuh yang sering sekali dilakukan orang tua. Kenapa salah? Karena ini berdampak negatif atau berdampak buruk terhadap pembentukan karakter ataupun kepribadian anak.

Memang ada yang menyadari, tapi ada juga yang menganggapnya sepele dan banyak juga yang tidak menyadari hal ini. Kesalahan pola asuh apa saja yang sering dilakukan orang tua, yang berdampak buruk terhadap kepribadian anak?

Baca Juga: Jangan Asal! Begini 6 Jenis Pola Asuh Pada Anak Yang Bisa Diterapkan Orang Tua. Kamu Termasuk Nomor Berapa?

1. Orang Tua Tidak Menjadi Panutan atau Tidak Memberikan Contoh yang Baik

Sebenarnya anak adalah peniru yang ulung, beberapa anak ada yang copy paste kepribadiannya hampir sama persis seperti orang tuanya.

Namanya meniru, bukan hal yang salah dari seorang anak. Karena proses belajar alaminya seorang anak itu adalah dengan meniru, mereka meniru apa yang sering mereka lihat, sering mereka dengar, sering mereka perhatikan.

Nah, yang sering mereka lihat, perhatikan, dan dengarkan biasanya dari keluarga atau lingkungan. Bahayanya adalah anak belum bisa membedakan antara yang salah dengan yang benar.

Halaman:

Editor: Tifanny Dhea

Sumber: Youtube Qween Lanira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu 'Satu Rasa Cinta' Syahiba Saufa

Rabu, 7 Desember 2022 | 07:30 WIB

5 Tips Supaya Anak Tidak Bosan di Rumah

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:20 WIB

4 Tips Agar Anak Laki-laki Dekat Dengan Ayahnya

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:46 WIB
X