Love language ini rentan selingkuh! Kok bisa? Kenapa Bisa? Simak Penjelasannya

- Sabtu, 10 September 2022 | 18:38 WIB
Akun tiktok Bapakcgd mengomentari kasus selingkuh dengan spreadsheet (TikTok @bapackgbd)
Akun tiktok Bapakcgd mengomentari kasus selingkuh dengan spreadsheet (TikTok @bapackgbd)

URBANJABAR.COM - Kasus perselingkuhan bukan lagi hal yang langka kita dengar, tidak hanya kalangan awam banyak artis yang mengadukan nasibnya pada jalur persidangan.

Viral, perselingkuhan yang dilakukan dengan google spreedsheet diduga love language word of affirmation.
 
Adapun pasangan LDR yang pasangannya berselingkuh karena mengaku love language physical touch.
 
 
Apa sebenarnya dasar seseorang dapat berselingkuh? Apakah bahasa cinta memengaruhi sikap dari pengkhianatan seseorang?\
 
Sebelum membahasa inti perselingkuhan, mari kita baca penjelasan dari 5 bahasa cinta.

Quality time, adalah bahasa cinta seseorang yang diwujudkan dalam memberikan waktu kepada orang yang dicintai. Misalnya, dengan mengajak libur bersama.

Act of Service, atau dengan kata lain memberikan pelayanan. Seorang dengan bahasa cinta pemberian service ini cenderung akan berusaha melayani orang yang dicintai bahkan dalam hal kecil.
 
Gift, atau pemberian adalah bahasa cinta yang  serupa dengan act of service, jika sebelumnya diberikan dengan jasa maka untuk bahasa cinta gift seseorang mewujudkan rasa kasihnya dengan memberikan hadiah berupa karya atau pembelian yang berharga.
 
 
Physical touch, adalah cinta kasih yang diungkapkan dengan sentuhan. Misalnya dengan pelukan atau belaian agar yang dirinya merasa nyaman.

Dan yang terakhir adalah word of affirmation. Rasa cinta yang ditampilan dengan kata-kata. Misalnya, dengan ungkapan 'Aku mencintaimu' pada pasangan.
 
Kelima bahasa tersebut selain bentuk ungkapan juga merupakan bentuk dari bagaimana seseorang merasa dicintai.
 
Menurut Hampton (2004), Pengertian hubungan jarak jauh atau sering disebut dengan long distance relationship adalah dimana pasangan dipisahkan oleh jarak fisik yang tidak memungkinkan adanya kedekatan fisik untuk periode waktu tertentu.
 
 
Oleh karena itu, adalah hal yang wajar jika seorang dengan bahasa cinta sentuhan tidak dapat melakukan melakukan hubungan jarak jauh dengan baik.
 
Dan afirmasi kata sebagai bentuk cinta kasih seseorang adalah hal yang sulit diungkapkan jika memiliki pasangan tidak terbiasa dengan hanya kata-kata.
 
Maka, kedua bahasa ini bisa saja mempengaruhi seseorang untuk melakukan perselingkuhan. Namun, bukan berarti bahasa cinta lain tidak dapat melakukannya.
 
"Banyak alasan kenapa orang selingkuh. Lebih rumitnya lagi, terkadang batasan selingkuh bagi setiap orang itu berbeda," ujar psikiater dan penulis buku Infidelity: Why Men and Women Cheat Kenneth Paul Rosenberg dikutip Health pada Sabtu, 4 September 2021. 
 
 
Dapat disimpulkan jika pengkhianatan tidak bisa dipatokan kepada satu hal. Bisa saja karena karakteristik atau Masalah dalalm hubungan itu sendiri.
 
Mensyukuri akan kecukupan pasangan adalah hal yang bisa kita lakukan sebagai sepasang kekasih agar menciptakan hubungan yang damai.
 
Karena dengan merasa cukup kita tidak akan tergoda dengan rasa penasaran untuk mencicipi hal lainnya.***

Editor: Maria Endah Yulindreswari

Sumber: library.binus.ac.id, TikTok @bapackgbd

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apakah Boleh Minum Kopi Di Pagi Hari? Simak Ulasannya

Jumat, 30 September 2022 | 21:27 WIB

Lirik Lagu 'Teteg Ati' versi Dara Ayu

Jumat, 30 September 2022 | 20:45 WIB
X