Bagaimana Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki Terjadi? Ini Penyebabnya

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:11 WIB
Kejadian Pasca Bom ATom Hiroshima (unsplash.com/Museums Victoria)
Kejadian Pasca Bom ATom Hiroshima (unsplash.com/Museums Victoria)

 

Urbanjabar.com - Sejarah menyebutkan, saat keadaan sekutu semakin tidak terkendali, sekutu akhirnya menjatuhkan bom atom di hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 dan dari sinilah keadaan politik selanjutnya ditentukan. Dan pada saat ini juga, Rusia menyatakan perang dengan Jepang.

Kontroversi tentang perlu tidaknya bom Atom Hiroshima dan Nagasaki terus hidup hingga hari ini. Panglima tertinggi sekutu Jenderal Dwight D Eisenhower sempat menyampaikan pada Presiden Harry S Truman bahwa dirinya menentang penggunaan atom terhadap jepang.

Eisenhower meyakini bahwa Jepang sebenarnya sudah kalah sehingga sebenarnya menjatuhkan bom atom merupakan hal yang tidak perlu. Sebagian yang lain mengatakan dengan tegas kalau sampai Hiroshima dan Nagasaki dibom,itu memang salahnya sendiri karena pada 7 Desember 1942 menyerang Pearl Harbor, yang kemudian memicu Keterlibatan AS pada perang Dunia II.

Presiden perhimpunan dokter Jepang, Dr. Taro Takemi mengatakan bahwa penggunaan bom untuk mengakhiri perang Dunia II bisa jadi malah menyelamatkan Jepang. Ia juga menambahkan saat menjelang perang dunia berakhir, pihak militer telah membawa Jepang tingkat tidak akan pernah menyerah.

Baca Juga: Kalahkan Wolfsberger dalam Pertandingan Uji Coba di Austria, Sejarah Singkat AC Milan HIngga Bisa Cetak Gol

Padahal di sisi lain, Dr. Takemi meyakini bahwa Jepang pasti akan kalah dan banyak orang akan menderita bila bom-A tidak dijatuhkan. Bila orang meninjau bahwa jepang akan mengorbankan seluruh bangsa seandainya tak ada serangan bom atom, bom itu bisa dianggap sebagai penyelamat Jepang

Mantan Duta besar AS untuk Jepang, Edwin O Reischauer dan salah seorang ahli terkemuka meragukan bahwa sebagian besar rakyat Jepang setuju dengan apa yang dikemukakan DR. Takemi. Ia berpandangan bahwa penggunaan bom atom merupakan satu kesalahan saat itu, tetapi ia sudah berubah pikiran.

Uji peledakan Trinity mengatakan Bom atom sungguh mengerikan sehingga yang bisa ia pikirkan hanya implikasi moral bila bom itu digunakan untuk peperangan. Namun ada yang mengatakan bukankah bangsa Jepang sendiri yang mengundang digunakannya bom itu.

Halaman:

Editor: Andi Maisaroh Fitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X