Keutamaan Bulan Dzulqaidah yang Perlu Kamu Tahu

- Jumat, 13 Mei 2022 | 18:56 WIB
Keutamaan bulan Dzulqaidah perlu diketahui oleh segenap umat muslim. (Alena Darmel via Pexels.com)
Keutamaan bulan Dzulqaidah perlu diketahui oleh segenap umat muslim. (Alena Darmel via Pexels.com)




URBANJABAR.com - Dzulqaidah, bulan yang termasuk di antara bulan Syawal dan bulan Dzulhijjah.

Dzulqaidah berarti duduk. Pada bulan ini, umat Islam mesti duduk atau gencatan senjata karena dilarang berperang.

Dzulqaidah juga termasuk bulan haram atau mulia yang kerap kali kita lupakan. Setelah menyambut Ramadhan, Syawal, kemudian dilanjut mempersiapkan bulan Dzulhijjah.

Baca Juga: Hadits Keutamaan Puasa 6 Hari Bulan Syawal

Jangan lupa, pada bulan Dzulqaidah memiliki banyak sekali keutamaan bagi umat Islam yang sangat disayangkan jika melewatkannya begitu saja.

Apa saja keutamaannya, berikut ini keutamaan bagi umat Islam pada bulan Dzulqaidah:

1.      Bagian dari 4 bulan Haram

 اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (QS. At-taubah Ayat 36)

Baca Juga: 5 Tips Agar Perjalanan Mudik Lebaran 2022 Tetap Lancar Saat Ibadah Puasa

 Ayat tersebut menyatakan, bahwa sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah dalam satu tahun adalah dua belas bulan dengan mengikuti perputaran bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah sejak penciptaan alam ini, yakni pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi.

Di antaranya, yakni 12 bulan tersebut, ada 4 bulan haram atau yang dimuliakan atau bulan yang memiliki keutamaan, yaitu Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

2.  Amalan yang dilipatgandakan

Keutamaan pada bulan Dzulqaidah  sebagaimana Ibnu ’Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan saleh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Lathaif Al-Ma'arif, hlm. 207)

3. Salah satu dari bulan Haji

 اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُ ۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ

“(Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!” (QS Al Baqarah Ayat 197)

Musim haji itu pada bulan-bulan yang telah dimaklumi atau memiliki keutamaan, yakni Syawal, Dzulqaidah, dan Dzulhijjah.

Baca Juga: Yuk, Tingkatkan Amalan Bulan Dzulqaidah dengan Cara Ini

Barang siapa mengerjakan ibadah haji dalam bulan-bulan itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), yaitu perkataan yang menimbulkan birahi, perbuatan yang tidak senonoh, atau hubungan seksual; jangan pula berbuat maksiat dan bertengkar dalam melakukan ibadah haji meskipun bukan pertengkaran dahsyat.

4. Pahala yang besar melaksanakan ibadah Umrah

Keutamaan bulan Dzulqaidah yang juga merupakan salah satu sumber hadits yang menyatakan pelaksanaan ibadah Umrah.

Dari Qatadah, ia berkata, aku bertanya kepada Anas (perihal umrah Nabi Muhammad SAW) maka ia berkata:

"Nabi melaksanakan umrah sebanyak empat kali. Yaitu umrah ketika (kaum musyrikin) menghalangi beliau, umrah pada tahun berikutnya yaitu umrah Al Hudaibiyah, umrah pada bulan Dzulqaidah, dan umrah saat beliau menunaikan haji.

Baca Juga: Contoh Ceramah Singkat Tema Manfaat Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal

Telah menceritakan kepada kami Hudbah telah menceritakan kepada kami Hammam dan dia berkata:

"Beliau melaksanakan umrah sebanyak empat kali yang kesemuanya pada bulan Dzulqaidah kecuali umrah yang beliau laksanakan bersama hajinya. Yaitu umrah beliau dari Al Hudaibiyah, umrah pada tahun berikutnya, umrah Al Ji'ranah saat beliau membagi-bagikan ghanimah (harta rampasan perang) Hunain dan umrah dalam ibadah haji beliau." (HR Bukhari).

5. Dilarang berperang

 يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الشَّهْرِ الْحَرَامِ قِتَالٍ فِيْهِۗ قُلْ قِتَالٌ فِيْهِ كَبِيْرٌ ۗ وَصَدٌّ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَكُفْرٌۢ بِهٖ وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَاِخْرَاجُ اَهْلِهٖ مِنْهُ اَكْبَرُ عِنْدَ اللّٰهِ ۚ وَالْفِتْنَةُ اَكْبَرُ مِنَ الْقَتْلِ ۗ وَلَا يَزَالُوْنَ يُقَاتِلُوْنَكُمْ حَتّٰى يَرُدُّوْكُمْ عَنْ دِيْنِكُمْ اِنِ اسْتَطَاعُوْا ۗ وَمَنْ يَّرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِيْنِهٖ فَيَمُتْ                                         وَهُوَ كَافِرٌ فَاُولٰۤىِٕكَ حَبِطَتْ اَعْمَالُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚ وَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

“Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang berperang pada bulan haram. Katakanlah, “Berperang dalam bulan itu adalah (dosa) besar. Tetapi menghalangi (orang) dari jalan Allah, ingkar kepada-Nya, (menghalangi orang masuk) Masjidil Haram, dan mengusir penduduk dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) dalam pandangan Allah. Sedangkan fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Mereka tidak akan berhenti memerangi kamu sampai kamu murtad (keluar) dari agamamu, jika mereka sanggup. Barangsiapa murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah Ayat 217).

Ayat ini turun ketika tentara Islam yang dipimpin oleh ‘abdullah bin Jahsy berperang melawan orang-orang kafir di permulaan bulan Rajab, satu dari empat bulan haram.

Mereka lalu bertanya kepadamu, wahai Nabi Muhammad, tentang boleh-tidaknya berperang pada bulan haram.

Baca Juga: Hukum Menimbun Barang dalam Islam, Hati-hati Agar Terhindar Dari Dosa

Katakanlah, “Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar. Tetapi, ada yang lebih besar lagi dosanya, yaitu menghalangi orang beriman dari jalan Allah, yakni melaksanakan perintah-Nya, ingkar kepadaNya, menghalangi orang masuk Masjidil Haram, dan mengusir penduduk dari sekitarnya.

6. Bertemunya Nabi Musa AS dengan Allah SWT

Hal penting lain yang membuat bulan Dzulqaidah istimewa atau bulan yang memiliki keutamaan ialah bahwa masa tiga puluh malam yang dijanjikan oleh Allah kepada Nabi Musa untuk bertemu dengan-Nya terjadi pada bulan Dzulqaidah, sedangkan sepuluh malam sisanya terjadi pada bulan Dzulhijjah.

وَوٰعَدْنَا مُوْسٰى ثَلٰثِيْنَ لَيْلَةً وَّاَتْمَمْنٰهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيْقَاتُ رَبِّهٖٓ اَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً ۚوَقَالَ مُوْسٰى لِاَخِيْهِ هٰرُوْنَ اخْلُفْنِيْ فِيْ قَوْمِيْ وَاَصْلِحْ وَلَا تَتَّبِعْ سَبِيْلَ الْمُفْسِدِيْنَ

“Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan Musa berkata kepada saudaranya (yaitu) Harun, “Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah (dirimu dan kaummu), dan janganlah engkau mengikuti jalan orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-A'raf ayat 142)

7. Bulan baik antara Bulan Syawal dan Bulan Dzulhijjah

Merupakan bulan yang mempunyai keutamaan baik untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Yuk kita giatkan ibadah pada bulan Dzulqaidah, semoga Allah melipat gandakan seluruh amalan kita yang dikerjakan.***

Editor: Husein

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara Mengatasi Stres Menurut Islam

Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:30 WIB
X