Jangan Salah, Orang Yang Mati Husnul Khotimah Tidak Dilihat Dari Fisiknya: Ustadz Khalid Basalamah

- Jumat, 14 Januari 2022 | 09:16 WIB
Ustadz Khalid Basalamah  ((googleimages/ pikiran rakyat))
Ustadz Khalid Basalamah ((googleimages/ pikiran rakyat))
 
URBANJABAR.COM - Kematian husnul khotimah merupakan impian setiap muslim karena bisa menjadi tanda baiknya kehidupan seseorang didunia dan akan masuk ke dalam surga.
 
Kebanyakan orang menghubungkan seseorang yang wafat dalam keadaan fisik yang bagus merupakan tanda bahwa orang tersebut mati dalam keadaan husnul khotimah.
 
Dalam ceramahnya, Ustadz Khalid Basalamah mencoba meluruskan cara pandang tentang orang yang mati husnul khotimah tidak bisa dilihat hanya dari fisiknya saja.
 
"Jadi, kalau kita mau tahu orang ini husnul khotimah atau suul khotimah pada saat kematian, bukan dengan melihat fisiknya," jelas Ustadz Khalid Basalamah melalui channel Youtube Terbaik.
 
 
"Perlu digaris bawahi karena fisik bukan selamanya menjadi tolak ukur, bisa saja terjadi tapi bukan menjadi tolak ukur" lanjut Ustadz kelahiran Makasar, Sulawesi Selatan.
 
Suatu contoh, seorang mukmin yang meninggal dalam keadaan tersenyum berarti mati dalam fisik yang bagus, mungkin Allah ingin menyampaikan sesuatu kepada kita, tapi bukan menjadi tolak ukur.
 
Ustadz Khalid Basalamah memberikan contoh Hamzah RA, sahabat, paman dan pejuang Islam yang wafat saat perang Uhud, ia mati dalam keadaan fisik yang dipenuhi darah.
 
 
Bahkan hidung Hamzah RA dalam keadaan terpotong, jantungnya terbelah hingga tubuhnya dipenuhi darah hingga Rosulullah SAW berteriak dan menangis melihat fisik saudaranya yang tercabik.
 
Sampai Umar bin Khatab berkata, "kami tidak pernah melihat Nabi SAW menangis seperti itu, suaranya sampai terisak-isak, sampai kami yang mendengar suara Nabi SAW pun ikut menangis".
 
Jadi, Ustadz Khalid Basalamah kembali mengingatkan bahwa fisik tidak bisa menjadi tolak ukur seseorang mati dalam keaadaan husnul khotimah atau tidak.
 
 
Karena Hamzah RA yang merupakan pimpinan para syuhada, sang 'Singa Allah' dan sudah dipastikan oleh Allah SWT memasuki syurganya mati dalam keadaan fisik yang menyedihkan.
 
Ustadz Khalid Basalamah kembali mencontohkan, ada seorang mukmin yang mati dalam keadaan tubuhnya terbakar hangus bukan berarti ia mati dalam keadaan suul khotimah.
 
Tapi, ada hadis Rosulullah SAW yang memberitakan kepada kita yang harus kita pandang dengan keimanan bukan ilmu pengetahuan tentang tanda kematian seseorang suul khotimah atau husnul khotimah.
 
 
Nabi SAW bersabda: "kalau seseorang terbiasa dengan sebuah perbuatan, maka Allah akan tutup dia dengan kebiasaan itu," Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan.
 
Maka perhatikan, tegas Ustadz Khalid, 2 minggu atau seminggu sebelum orang itu meninggal bisa dilihat perbuatan apa yang merupakan kebiasaan orang tersebut dan menjadi tanda kematiaannya.
 
 
Bila orang tersebut senang bersodaqoh, begitu juga seseorang yang rajin sholat malam, sholat Jumat, suka membaca Al Quran, ceramah, ke majlis ilmu maka Allah  akan mematikannya dalam kebiasaan itu.
 
 
Allah SWT ingin memperlihatkan kebaikan orang tersebut dengan kematiannya sesuai kebiasaan baiknya sebagai tanda bahwa orang tersebut mati dalam keadaan husnul khotimah.
 
Ustadz Khalid Basalamah juga menjelaskan sebaliknya, banyak orang tukang mabuk, ahli maksiat, fasik, kafir yang mati dalam keadaan fisik yang bagus.
 
"Apakah itu menjadi tanda bahwa orang tersebut mati dalam keadaan husnul khotimah?" tanya Ustadz Khalid Basalamah, tentu tidak jawabannya.
 
 
Contoh yang paling nyata adalah Fira'un yang sampai sekarang fisiknya masih dalam keadaan bagus yang termumifikasi, tapi pada hakikatnya ia sedang menerima siksaan di dalam kubur.
 
"Jadi, teman-teman kalau mau melihat husnul khotimah, Antum biasakan apa amal sholih yang paling mudah Antum kerjakan, fokuskan itu!" pesan Ustadz Khalid Basalamah.
 
Ini merupakan upaya agar Allah SWT menutup usia kita saat sedang beramal sholih yang merupakan tanda seseorang mati dalam husnul khotimah, bukan dari fisik kita.***

Editor: Fauzi Ghanim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Ini 5 Cara Cepat Kaya Menurut Ajaran Islam

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:25 WIB
X