7 Tanda Kamu Harus Segera Pergi ke Psikolog Sesegera Mungkin

- Minggu, 5 Desember 2021 | 19:52 WIB
Terkadang, tak semua masalah dapat diselesaikan dengan katarsis atau curhat. Kamu harus pergi ke psikolog begitu mengalami hal ini. (pixabay.com)
Terkadang, tak semua masalah dapat diselesaikan dengan katarsis atau curhat. Kamu harus pergi ke psikolog begitu mengalami hal ini. (pixabay.com)

URBANJABAR.COM - Pasti diantara kamu pernah terpikir ingin datang ke psikolog dan konsultasi, tapi bimbang dengan pertanyaan ‘ke psikolog nggak ya?’ atau ‘masalah aku kayaknya nggak parah-parah banget deh’ atau sampai berpikir takut dibilang gila sama orang-orang karena pergi ke psikolog.

Curhat kepada teman dan psikolog itu berbeda, baik dari cara respon nya, maupun penanganan nya.

Curhat kepada teman bisa dibilang pertolongan pertama saat butuh untuk meluapkan perasaan yang sedang dirasakan.

Baca Juga: Gejala Varian Omicron yang Tak Biasa, Begini Pemaparan Dokter Angelique

Tapi, ada masalah yang tidak cukup dengan hanya curhat kepada teman. Kamu membutuhkan bantuan profesional dalam hal ini yaitu psikolog.

Jadi, kapan sih kita harus ke psikolog? Berikut dikutip dari Satu Persen-Indonesian Life School.

1. Segala hal yang kamu rasakan terlau intens atau sangat berat

Semua orang mengalami stres dan itu hal yang wajar dalam kadar tertentu. Tidak jarang stres yang kita alami terasa sangat berat sehingga kita merasa tidak bisa melakukan apa-apa.

Hal ini akan menjadi persoalan jika sudah berkelanjutan sampai mengganggu aktivitas kita. Jadi, ketika kamu merasakan emosi stres atau emosi negatif yang berlebihan, itu sudah menjadi alasan kamu pergi ke psikolog.

2. Merasa lelah yang berkepanjangan

Halaman:

Editor: Husein

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X