• Senin, 20 September 2021

Syarat Menjadi Penulis Menurut Arswendo Atmowiloto, Cuma Butuh 3 Ini Kok

- Rabu, 8 September 2021 | 10:19 WIB
Yakinkan diri bahwa kamu bisa menjadi penulis.  (Pixabay via Pexels.com)
Yakinkan diri bahwa kamu bisa menjadi penulis. (Pixabay via Pexels.com)

URBANJABAR.COM - Menulis adalah jalan menuju keabadian. Pernah mendengar kata demikian? Menjadi penulis adalah cita-cita banyak orang yang tak mudah digapai begitu saja.

Menjadi penulis butuh latihan rutin, intens, dan terus-menerus. Tidak cukup satu atau dua bulan agar kita dapat menjadi penulis.

Meski demikian, Arswendo Atmowiloto pernah mempaparkan apa saja syarat menjadi penulis pada bukunya Mengarang Itu Gampang terbitan Gramedia tahun 1986.

Mengarang itu gampang. Sekurangnya lebih gampang dari yang kamu duga. Memang tak ada yang sukar, kalau kita mempunyai minat dan ambisi terus-menerus.

Jadi, minat dan ambisi merupakan kunci menjadi pengarang menurut penulis novel Keluarga Cemara itu.

Selain itu ada syarat menjadi penulis lainnya yang wajib dipenuhi setiap orang menurutnya, yaitu bisa baca dan menulis.

... harus diperhatikan benar bahwa membaca dan menulis yang baik dan benar itu perlu latihan, perlu disiplin, perlu minat yang tak kunjung habis.

Arswendo Atmowiloto mengibaratkan minat dan ambisi seperti rasa cinta, terus mengalir yang berdasarkan kepercayaan diri.

... bahwa dengan mengarang kita melakukan sesuatu yang kita cintai, dan kita percaya ada sesuatu yang baik yang bakal kita lakukan dengan itu.

Mantan pemimpin redaksi majalah Hai! ini juga menegaskan menjadi penulis tidak bisa sekali jadi, dan tak ada penulis yang baik sekali jadi menulis langsung berhasil.

Halaman:

Editor: Chairul Umam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X